Skip to main content

follow us

Cara Mengatasi anak agar tidak ketergantungan dari Hp Android


Nulislagi.com - kali ini coba membuat sebuah ulasan dari sebuah pengamatan yaitu anak-anak dan hp android. Anak diam menikmati permainan atau pun nonoton video youtube melalui hp android milik orang tuanya, terkadang lupa lepas dari pantauan, melihatnya sekilas anak tidak rewel atau yang penting anak tidak maen keluar rumah yang tidak jelas, dan terkadang cara bicara anak lebih pintar yang ternyata efek dari bahasa nonton video youtube dan orang tua pun menganganggap perkembangan yang bagus, anak jadi tahu ini itu.

Suatu hal tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, kalau tidak ada kontrol yang baik, akan kebablasan, bayangin anak sudah nyaman dengan hp androidnya hingga pikiran juga seperti sudah terikat tidak mau lepas dari HP, dipanggil orang tuanya diabaikan, perintah orang tua jadi tak terdengar, karena begitu menariknya isi dari hp android, begitu menikmatinya begitu nyamannya dengan hp android.

Pernah mendapatkan sebuah cerita, ada seorang anak SMP yang tidak melanjutkan ke jenjang SMA dan lebih memilih untuk bermain game di HP android, dari sinilah ketika hp android sudah menguasai dirinya, membuat dirinya sudah nyaman, tidak ada keseimbangan lagi, kemudian cerita lain aktivitas anak mau makan, mau tidur tidak bisa kalau didekatnya tidak ada handphone.

Mungkin kita berpikir okelah biarkan anak senang, beri waktu beberapa saat, tetapi ketika diberi kesempatan, anak merasakan senang dan lambat laun tak berasa kergantungan dengan hp android, ketika dicegah ngambek menangis rewel, orang tua kwalahan disinilah menjadi sumber masalah baru.

Cara mengatasinya, Mengambil tindakan tegas tidak boleh main hp, tetapi orang tua harus bisa berkreasi, membuat sesutu hal yang menarik untuk mengalihkan perhatian anak,  kemudian semua handphone gunakan terkunci dengan sistem pola hingga anak tidak bisa membukanya, kemudian orang tua pun membatasi penggunaan hp untuk sementara waktu.

Meski tidak semua seperti itu, bisa saja anak sudah tumbuh menjadi pribadi yang baik karena kehebatan orang tuannya dalam penerapan pendidikan, menggunakan hp android untuk hal positif, handphone tersebut bisa memberikan pengaruh bagi pengembangan dirinya, ini perlu support, misalnya untuk anak yang sudah senang dengan menulis, bisa dibuatkan blog kemudian membuat tulisan menggunakan android dan memostingnya di blog, itu menurut saya sesuatu pemanfaatan teknologi yang positif. kemudian untuk browsing mencari bahan bacaan dan pemanfaatan lainnya.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar