Skip to main content

follow us

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Alasan masuk PMR, ini bisa menjadi kebingugan siswa baru, ketika baru masuk SMP ataupun masuk SMA, mungkin yang masuk SMA sudah tahu apa itu PMR, tapi bagi yang SMP nya tidak mengikuti ekstrakurikuler PMR kemudian diinformasikan pilihan eskul PMR, karena tidak tahu alasan masuk PMR terkadang hanya ikuti-ikutan temannya, kalau temannya tidak ikut ya tidak gabung PMR, maka dari situasi dan keadaan seperti ini sering disekolah jumlah PMRnya sedikit.

Banyak hal yang menjadi alasan masuk PMR, baru diketahui setelah sudah menjadi sebagai anggota PMR setelah merasakan pengetahuan ketrampilan dari mengikuti kegiatan PMR. untuk itu seorang pembina PMR punya fungsi mengarahkan kepada Kepengurusan PMR di sekolahnya untuk mensosialisasikan sejelas-jelasnya kegiatan-kegiatan PMR dan manfaat yang dirasakan, sehingga siswa baru menjadi terpanggil untuk bergabung masuk menjadi anggota PMR.

Coba memberikan gambaran sebelum merinci alasan masuk PMR, yaitu kita kenali dan ketahui apa saja kegiatan PMR ini disekolah

TRIBAKTI PMI

Kita ketahui dan coba pahami makna dari tribakti PMR ini ada tiga yaitu :
1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat
2. Berkarya dan berbakti di masyarakat
3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional

Dari Tribakti PMR tersebut, jelas maknanya bisa kita tafsirkan sendiri, Meningkatkan keterampilan hidup sehat, anggota PMR akan dilatih diberi materi kearah itu, sehingga setiap anggota PMR punya wawasan, ketrampilan yang bermanfaat untuk diri dan orang lain, kemudian Berkarya dan berbakti di masyarakat jadi anggota PMR ini juga dipacu untuk berkarya sesuatu yang produktif dimulai dari remaja, kemudian dengan karya tersebut dimanfaatkan, ketrampilan anggota PMR, memberikan manfaat di masyarakat, lalu Mempererat persahabatan nasional dan internasional, jadi anggota PMR ini temannya banyak luas, tidak hanya berteman dikelas saja, tapi antar kelas, antar sekolah dan lebih luas lagi penjabarannya yaitu persahabatan nasional dan internasional.

PRINSIP - PRINSIP DASAR GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNATIONAL

Menjadi anggota PMR juga akan mendapatkan pengetahuan , pedoman dalam berkegiatan PMR, dimana Prinsip ini adalah bukan PMR di sekolah itu saja tapi seluruh PMR se Indonesia, sebagaimana PMR ini adalah binaan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menjalankan tugasnya berpegang pada tujuh prinsip tersebut, yaitu Prinsip Dasar, Kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan

1. KEMANUSIAAN
Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional  didirikan  berdasarkan  keinginan  memberikan  pertolongan  tanpa  membedakan  korban  yang  terluka  di dalam  pertempuran,  berupaya  dalam  kemampuan  bangsa  dan  antar  bangsa,  mencegah  dan  mengatasi  penderitaan  sesama  manusia.  Palang  Merah  menumbuhkan  saling  pengertian,  persahabatan,  kerjasama,  dan  perdamaian abadi  bagi  sesama  manusia.

2. KESAMAAN
Gerakan  ini  tidak  membuat  perbedaan  atas  dasar  kebangsaan,  kesukuan,  agama  /  kepercayaan,  tingkatan,  atau  pandangan  politik.  Tujuannya  semata-mata  hanyalah  mengurangi  penderitaan  manusia  sesuai  dengan  kebutuhannya  dan  mendahulukan  keadaan  yang  paling  parah.

3. KENETRALAN
Agar  senantiasa  mendapatkan  kepercayaan  dari  semua  pihak,  Gerakan  ini  tidak  memihak  atau  melibatkan  diri  dalam  pertentangan  politik,  kesukuan,  agama,  atau  ideologi.

4. KEMANDIRIAN
Gerakan  ini  bersifat  mandiri.  Perhimpunan  nasional  disamping  membantu  Pemerintahnya  dalam  bidang  kemanusiaan  juga  harus  mentaati  peraturan  negaranya,  harus  selalu  menjaga  otonominya  sehingga  dapat  sejalan  dengan  prinsip-prinsip  gerakan  ini.

5. KESUKARELAAN
Gerakan  ini  adalah  gerakan  pemberi  bantuan  sukarela,  yang  tidak  didasari  oleh  keinginan  untuk  mencari  keuntungan  apapun.

6. KESATUAN
Di dalam  suatu  negara  hanya  ada  satu  Gerakan  Palang  Merah  atau  Bulan  Sabit  Merah  Internasional  yang  terbuka  untuk  semua  orang  dan  melaksanakan  tugas  kemanusiaan  di  seluruh  wilayah.

7. KESEMESTAAN
Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional  adalan  bersifat  semesta.  Setiap  perhimpunan  mempunyai  hak  dan  tanggung  jawab  yang  sama  di  dalam  menolong  sesama  manusia.

Tidak hanya, mengenal kemudian mengerti anda juga bisa menghayati lewat lagu mars PMI dan Hymne PMI dimana lirik lagunya terdapat bait kata kehidupan bersosial kemanusian saling tolong menolong sebagaimana tugas PMI, di PMR ini anda juga akan dikenalkan lagu ini, berikut liriknya

Mars PMI

Palang Merah Indonesia
Sumber kasih umat manusia
Warisan luhur nusa dan bangsa
Wujud nyata pengayom pancasila
Gerak juangnya keseluruh nusa
Mendarmakan bakti bagi ampera
Tunaikan tugas suci, tujuan PMI
Dipersada bunda pertiwi
Untuk umat manusia
Diseluruh dunia
PMI menghantarkan jasa

Hymne PMI

Palang merah Indonesia
Wujud kepedulian nyata
Nurani yang suci
Untuk membantu menolong sesama
PMI
Siaga setiap waktu
Berbakti, dan mengabdi
Bagi hidup manusia
Agar sehat sejahtera di seluruh dunia

KEGIATAN PMR

Setelah masuk PMR apa kegiatannya, berikut beberapa materi ekskul PMR yang akan didapatkan diantaranya :
1. Mengenal Gerakan Palang Merah Remaja
2. Pertolongan Pertama
3. Kepeminpinan (PMR Mula, Madya dan Wira)
4. Donor Darah (PMR Mula, Madya dan Wira)
5. Remaja Sehat Peduli Sesama (PMR Mula, Madya, dan Wira)
6. Kesehatan Remaja (PMR Mula, Madya dan Wira)
7. Kesiapsiagaan Bencana (PMR Mula, Madya dan Wira)

Dari beberapa materi itu, kita dapat rasakan manfaatnya misalnya saja Materi pertolongan pertama, mempelajari cara melakukan pertolongan pertama bermanfaat untuk diri sendiri dan bisa bermanfaat bisa membantu banyak orang yang membutuhkan pertolongan.

Selain materi itu juga ada kegiatan diluar sekolah seperti uji kecakapan, latihan gabungan PMR dan Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira ) di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Dengan sejak remaja aktif dan belajar menerima materi selama menjadi anggota PMR, sebagai persiapan diri bekal di masa depan

MANFAAT MASUK EKSTRAKURIKULER PMR 

Sering mendapatkan pertanyaan, Apa manfaat menjadi anggota PMR ? berikut semoga penjelasan ini bisa bisa dipahami, manfaat menjadi anggota PMR antra lain :

1. Penjabaran dari Tribakti PMR, yaitu Meningkatkan keterampilan hidup sehat maka arah dari kegiatan esktrakurikuler PMR bisa mendidik seseorang menjadi remaja yang bersih, sehat, peduli terhadap sesama dan lingkungan,

2. Sebagaimana pada tribakti PMR yaitu  Berkarya dan berbakti di masyarakat maka anggota PMR dilatih kreatif dan bersahabat. Jika kita telah memiliki karakter positif, otomatis kita juga bisa menjadi contoh dan kenselor bagi teman lainnya.

3. Penjabaran dari tribakti PMR yaitu Mempererat persahabatan nasional dan internasional, dengan begitu jika kita telah bergabung di PMR, otomatis kita juga telah menjadi bagian dari Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Dunia.

ALASAN MASUK PMR

Dengan mengetahui apa itu tribakti PMR, Prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah kemudian lirik lagu mars PMI, Hymne PMI kemudian materi yang akan didapatkan ketika menjadi anggota PMR, dan manfaat esktrakurikuler PMI saya rasa anda sudah bisa menjawab sendiri Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR.

Baca juga : Atribut yang dikenakan PMR dan Kelengkapan lainnya

KESIMPULAN

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR untuk kebaikan diri di masa sekarang, dan masa depan, berikhtiar menjadi manusia yang berperi kemanusiaan, memiliki ketrampilan dan kehidupan bersosial bermasyarakat untuk bekal kehidupan didunia dan karena salah satunya menumbuhkan jiwa kemanusian semoga menjadi amalan Ibadah di akhirat kelat nanti. simak juga postingan terkait dengan topik pembahasan ini, Contoh Kata-kata untuk promosi Ekskul PMR

Ada yang mau menambahkan, kalau anda alasan masuk PMR apa, yok berkomentar semoga postingan ini tambah bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar