Skip to main content

follow us

Kelebihan Donor Darah di Markas PMI Kab Pemalang


Saat pengambilan darah coba bertanya-tanya kepada petugas tentang Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pemalang, berikut rangkumannya

Kebutuhan permintaan darah di pemalang seperti apa ?

Permintaan darah untuk pasien meningkat, dari waktu ke waktu bisa kita perhatikan jumlah rumah sakit di Pemalang yang bertambah, RSUD M Ashari, Siaga Medika, Prima Medika, RSI Islam Taman, RSI Moga, Santa Maria, kemudian sekitar di alun alun Pemalang ada rumah sakit harapan sehat, dan informasi yang didapat ada dua lagi akan dilakukan pembangunan rumah sakit (info : 2/03/2019)

Darah yang ditransfusikan untuk pasien itu karena apa ?

Ada beberapa penyebab perlu ditransfusi darah, seperti akibat kecelakaan keluar darah banyak, persalinan, demam berdarah, kemudian cuci darah, dan tentunya atas rekomendasi dokter. Karena alur pengambilan darah di PMI salah satunya ada surat dari dokter rumah sakit yang meminta darah.

Upaya apa yang dilakukan agar persediaan darah UDD PMI Kabupaten Pemalang tercukupi ?

- Jemput bola mendatangi turun kelapangan dengan mobil unit dan petugasnya, biasanya ada event disitu ada donor darah, kegiatan bakti sosial peringatan hari ulang tahun, seperti misalnya HUT Jateng, HUT BKK, dan HUT Kospin jasa dan even-even lainnya, meskipun demikian stok darah cepat habis, sehingga PMi berupaya semaksimal mungkin agar ketersediaan darah selalu tercukupi.

- Mengadakan event 3 bulan sekali, dengan mengundang para pendonor, yang sudah berjalan setiap evenya terkumpul kurang lebih 100 sampai 200 kantong.

- Sosialisasi donor darah dan menggalakkan donor darah di markas. Salah satunya donor darah sweet seventen, bagi yang berusia 17 tahun difasilitasi merayakan donor darah oleh PMI dengan syarat dan ketentuan berlaku yaitu  berdonor darah bersama teman-temannya, simak ulasan sebelumnya keseruan PMR donor darah pada momen sweet seventen di UDD PMI pemalang.


Apa bedanya donor darah di mobil unit dan dikantor markas PMI Kabupaten Pemalang yang beralamat di jl. Jenderal subroto no 78 bojongbata pemalang atau depan RSUD M Ashari Pemalang.

Mobil Unit ini biasanya karena keminatan, yaitu donor darah dalam jumlah yang cukup dan jaraknya jauh dari markas PMI misalnya saja diujung selatan Pulosari, Belik, Watukumpul, moga kemudian ujung timur Bodeh, ulujami, comal, sehingga PMI mendatangi dengan mobil unit dan petugas. Jadi kelebihannya bagi pendonor mau donor tinggal menunggu jadwal mobil unit diwilayah yang terdekat tanpa harus ke markas PMI.

Adakah perbedaan, apa kelebihan donor darah di markas PMI Kabupaten Pemalang ?

PMI memliki sarana gedung yang baru sesuai standarisasi gedung pelayanan darah, diresmikan pada tanggal 19 September 2018, bangunan dan peralatan yang lengkap, serta ruang aktaf atau tempat pengambilan darah yang nyaman, itulah kenapa harus donor darah dimarkas.

Berikut beberapa kelebihan donor darah di markas :

- Parkir sudah dilengkapi kamera cctv, begitu juga disetiap disetiap ruangan.

- ruang tunggu yang tidak membosankan, antara lain fasilitasnya ber AC, ada TV, charge umum jika hp lowbat, minuman.

- free wifi, jika sedang antri atau sedang mendonorkan darahnya, ada bisa akses internet gratis dengan wifi UDD PMI.

- sering terdapat program bagi pendonor bagi yang donor darah di markas mendapatkan souvenir. Salah satu contohnya dibulan maret 2019 ini siapa saja yang donor di markas akan mendapatkan souvenir.


Itulah beberapa kelebihannya jadi rekomendasinya jika mau donor darah, sempatkan ke Markas PMI Pemalang,

Informasi lainnya anda bisa datang ke UDD PMI Kabupaten Pemalang dengan alamat di Jl. JENDERAL GATOT SUBROTO NO 78 BOJONGBATA PEMALANG NOMOR TELPON 0284-321431

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar