Skip to main content

follow us

Varian Produk Lengkap Menjadi Kunci Sukses Jualan Sembako

Harga murah tidak menjadi sepenuhnya mempengaruhi keberhasilan usaha toko sembako, selain harga murah, kelengkapan produk menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Ada 2 tempat yang menjadi obyek pengamatan saya, dan kalau saya menyimpulkan kunci suksesnya usaha toko sembako ini karena kelengkapan produknya, orang kembali lagi membeli karena ketika datang barang yang dibutuhkan selalu ada.

1. Tempat pertama, usaha toko sembakonya berada di komplek perumahan, harganya sedikit lebih mahal pada umumya, dari perhatian saya, tokonya memang lengkap, begitu masuk toko barang dagangan tertata rapi, lengkap. 

Selain kelengkapan toko tersebut, pemiliknya melayani jemput bola konsumen, seperti bisa pesan dan diantar kerumah, misalnya saat gas habis, air galon habis, tinggal telpon, beberapa menit kemudian pesanan datang kerumah, yang pesan gas dipasangkan sekalian, pelayanannya cukup bagus, meski ada biaya tambahan ketika diantar, konsumen tidak begitu dibebankan.

Dengan layanan antar ini, lambat laun sepertinya menjalin kedekatan dengan pelanggan, bayangkan saja jika ada 20 rumah saja, kebutuhannya dicukupi dari toko sembako anda, perputaran modal dan laba usaha sembako sudah lumayan.

Jadi setelah usaha sembako varian lengkap, usaha lain lakukan pendekatan konsumen dengan menerima layanan pesan antar.


2. Tempat Kedua, Usaha sembako mudah kita temui yaitu indomart dan alfamart, sepertinya tanpa saya menulisnya anda sudah ada gambaran yang menjadi kunci sukses usaha jualan sembako meniru cara kedua toko tersebut.

Berikut dari pengamatan saya tentang indomart dan alfamart ini.

Setelah mengetahui, varian produk yang lengkap kita perhatikan dari awal halaman parkir ada, begitu masuk sudah disambut penjaga toko, kita perhatikan penataan berkelompok rapih, rokok-rokok ada di belakang penjaga toko, cemilan terkelompok sendiri, mie terkelompok sendiri, tujuan memudahkan mencari barang yang pembeli butuhkan, kemudian perhatian lainnya suasana menjadi penting untuk kenyamanan pembeli yaitu pencahayaan terang tidak hanya siang tapi malam juga.


Jadi jika anda berencana membuka usaha sembako, usaha ini sangat mudah ditiru, anda datang ke toko yang anda pandang berhasil, perhatikan catat hal-hal apa saja yang ada di toko dan aplikasikan di toko sembako anda, seringkali yang menjadi kendala adalah keterbatasan modal, sehingga tidak bisa berkreatif lebih maksimal dalam membuka usahannya, kemudian karena baru membuka kita tidak tahu distributor atau supplier yang murah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar