Tips Mengurus Perpanjangan SIM C dan SIM A

Punya cerita saat mengurus perpanjangan SIM, baru saja yaitu pada Maret 2020, coba bagikan pengalaman pada postingan kali ini, dari catatan-catatan proses mengurus sendiri perpanjangan SIM C ini semoga bermanfaat.

SIM (surat ijin mengemudi) ini menjadi syarat wajib bagi pengendara, untuk itu bagi personal menjadi sebuah kewajiban datang ke satlantas untuk membuat SIM.

Jika dibandingkan Membuat SIM baru dan Perpanjangan SIM, perpanjangan lebih mudah akan tetapi namanya aturan ada update berubah sewaktu-waktu yang diatur oleh kebijakan pejabat yang berwenang, dan mau tidak mau kita harus mematuhinya, salah satunya dalam pengurusan perpanjangan SIM ini.

Tidak ada yang sulit dalam mengurus perpanjangan SIM yang saya rasakan, hanya saja hal-hal perlu diketahui, agar kepengurusan SIM berjalan lancar, sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama untuk mengantri.

Tipsnya seperti apa mengurus SIM ( SIM A dan SIM C ) sama saja ?

Berikut beberapa diantaranya yang perlu dipersiapkan

1. Mulai Pebruari 2020 terdapat aturan baru, sebagai syarat mengurus perpanjangan SIM harus dilampirkan tes Psikologi jadi tidak hanya cek kesehatan, dan ini berlaku bagi pemohon SIM baru tidak hanya perpanjangan saja.

Dimana untuk membuat tes psikologi dan tes kesehatan, anda bisa tanyakan petugas jaga di satlantas, nanti akan diarahkan alamat tempat bisa cek kesehatan dan tes psikologi.

Untuk mengurusnya hanya dengan KTP asli, KTP asli dikumpulkan dipetugas nanti akan di panggil satu persatu menunggu antrian.

2. Tips berikutnya adalah biar tidak masuk antrian panjang, pada saat cek kesehatan dan psikologi adalah berangkat pagi, saat petugas memulai anda berada di urutan awal.

Sangat tidak mengenakan menunggu lama dikeramaian, maka dari itu tips mengurus perpanjangan SIM adalah datang lebih awal, untuk antisipasi antrian yang panjang.

3. Setelah sudah dapat bukti cek kesehatan dan psikologi masuk ke kantor satlantas, siapkan SIM dan fotocopy KTP, berkas tersebut nantinya dilampirkan jadi satu dan masuk ke loket registrasi.

Dari loket registrasi lanjut membayar ke bank/kasir, untuk perpanjangan SIM C sebesar Rp. 75.000 kembali ke registrasi dan menunggu dipanggil keruangan verifikasi data diri pemohon SIM, perhatikan baik-baik data yang dibacakan petugas, jangan sampai salah sudah tercetak di SIM.

Setelah diverifikasi, masuk keruangan pengambilan gambar wajah dan sidik jari, setelah selesai, tidak lama akan dipanggil untuk penyerahan SIM. setelah SIM diserahkan pemohon diminta mengisi kuisioner tingkat kepuasan pelayanan.

Jadi dalam pengurusan SIM C  ini beberapa hal dapay disimpulkan Siapkan Dana untuk biaya cek kesehatan, tes psikologi, kemudian biaya perpanjangan SIM C sebesar 75ribu, kemudian SIM, KTP asli dan Fotocopy.

Mudah-mudahan dengan sharing pengalaman ini  ini, pengurusan  SIM anda bisa lancar dan cepat, pengetahuan ini ditulis dari pengalaman mengurus SIM sendiri pada bulan Maret tahun 2020 di wilayah Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah

Mungkin lain daerah berbeda model pelayanannya, semoga ulasan ini bisa menjadi referensi untuk persiapan sebelum mengurus perpanjangan SIM C.

Ada beberapa catatan perubahan dari sebelumnya dalam pengurusan SIM

1. Tidak perlu pengantar dari desa ataupun dari tempat kerja, cukup membawa KTP asli.
2. Untuk perpanjangan semula hanya cek kesehatan sekarang harus ada tes  psikologi.
3. Alurnya sekarang lebih baik dan cepat, dari registrasi penyerahan berkas, membayar, verifikasi data, pengambilan foto, dan penyerahan SIM, dulu meski penyerahan berkas lalu foto singkat akan tetapi antriannya panjang.

Baca juga : Mekar Bunga Mawar Tanah yang Menginspirasi
Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Wawancara Dengan 3 Pasien covid yang sudah Sembuh

6 Nama Dokter Kandungan di Pemalang dan Jadwal Prakteknya