Cara Buat Landing Page dengan Platform Blogger

Kenapa membuat landing page ?

Sebelum membahas alasan kenapa membuat landing page, coba mendefisinikan apa itu landing page, versi pemahaman saya ?

Landing Page adalah


Landing page adalah media digital tempat saya mempresentasikan produk, jasa, usaha saya, yang saya tawarkan via online di internet.

Dengan berusaha membuat halaman dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca, selain mudah dipahami kalimat juga dibuat semenarik mungkin, didukung dengan foto-foto, sehingga tampilan halaman penawaran ini rapih, enak dipandang.

Dengan begitu tujuan penawaran yang dikemas dalam sebuah landing page ini efektif bisa menarik perhatian pengunjung/pembaca kemudian pembaca itu setelah menerima informasi penawaran tersebut memutuskan untuk membeli.

Landing page ini juga sebuah metode pemasaran, agar pembaca lebih fokus dengan penawaran, isi landing page berupa manfaat, kelebihan, profil penjual dan testimoni, alasan-alasan kenapa membeli produk atau jasa tersebut.

Pokok-pokok seperti manfaat, kelebihan, profil penjual dan testimoni, alasan-alasan kenapa membeli produk atau jasa tersebut dikemas dalam bahasa marketing itulah nantinya sebagai senjata marketing anda didunia maya.

Pemasaran Via Internet Apakah perlu Landing Page


Kenapa membuat landing page, kalau versi pemahaman saya adalah "mempraktiskan" penjual dalam memasarkan produknya secara online.

Contohnya :
Coba membuat simulasi, Saya jualan kaos oblong dengan alamat di nulislagi.com, saya melakukan promosi, salah satunya pasang iklan di facebook, maka saya membuat kalimat penawaran seperti ini :

" Agen kaos oblong murah meriah, hanya 18ribu rupiah, tidak ada minimal pembelian, bisa bayar ditempat pengiriman via pos, cek koleksinya disini ya www.nulislagi.com"

Pengunjung klik nulislagi.com membaca halaman penawaran kaos oblong, dan kebetulan tertarik lalu membeli order melalui nomor whatsapp yang tercantum di halaman landing page tersebut.

Nah jadi seperti yang saya katakan diatas, landingpage membuat lebih praktis jualan online, mengenai landing page. beberapa catatan saya adalah :

1. Tidak menjelaskan berulang-ulang kepada calon pembeli cukup sebutkan alamat domain landing page, calon pembaca membaca sendiri, dalam sebuah kemasan penawaran yang lengkap, karena terkadang informasi yang setengah-setengah bisa meragukan prospek pembeli.

2. Menyingkat waktu, setelah pengunjung /calon pembeli membaca landing page, pembeli sudah menerima dan paham produk yang ditawarkan, selanjutnya adalah peluangnya pengunjung membeli atau tidak.

Jika membeli, calon pembeli tak perlu berlama-lama chat lagi, calon pembeli transfer pembayaran dan pesanan diproses.

Cara buat landing page blogger


Bertanya lagi, kenapa buat landing page di blogger, kok tidak lainnya ?

Blogger bagi saya sendiri lebih mudah sudah familiar penggunaannya, otak-atik html kalau diblogger sudah bisa, jadi memilih menggunakan blogger.

Selain itu membuat landing page menggunakan blogger, hostingnya gratis, dan jika mau juga domainnya gratis selamanya, kebanyakan orang menggunakan hosting blogger dan domainnya berbayar, dengan alasan menggunakan domain berbayar, terlihat lebih profesional dan enak penyebutannya.

Contoh landing page blogger
Saya membuat landingpage blogger, menggunakan hosting dan domain dari blogger, pertimbangannya tidak lain karena gratis selamanya cek contohnya disini https://atributpmr.blogspot.com/

Persiapan menggunakan landing page blogger

Beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum membuat landing page, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Email gmail
Karena blogger terintegrasi dengan blogger.com maka untuk membuat landingpage menggunakan blogger harus memakai alamat email dari gmail.

2. Template blogger landing page
Template landing page ini ada yang gratisan dan ada yang berbayar, untuk yang gratisan berikut referensinya, meski gratisan untuk mendowloadnya anda harus melalui beberapa iklan hingga file template landing page terdownload link downloadnya disini atau anda bisa mencari template blogger gratisan lainnya di google.

Untuk template yang gratisan jika anda ahli edit html dan membuat kalimat penawaran yang keren, hasil akhirnya tampilannya  juga tak kalah profesional dengan template landing page premium.

Jika anda kurang puas dengan template tampilan landing page gratisan, tersedia juga template landing page premium berbayar, tersedia dijual antara 100 ribu sampai 250 ribu per templatenya, bedanya dengan gratisan, pada template landing page berbayar, ada fitur-fitur yang membuat tampilan halaman landing page lebih rapih, keren dan profesional.

Untuk referensinya template landing page berbayar, disini

- Blogspot Landing Page Builder

- Blogspot Landing Page For Business

- Template Landing Page Blogspot "BLOGSPOT LANDING"

3. Kalimat atau kata-kata penawaran
Nah bagian ini, terkadang yang membuat pemula ini kesulitan, karena masih belum percaya diri merangkai kalimat penawaran yang menarik, hiingga akhirnya menyerah tidak jadi buat landing page.

Jika merasakan seperti itu, ada kok jasa profesional yang membuat landing page, anda tinggal jadi bos, mengarahkan ke pembuat, keinginannya seperti apa, referensi tempat jasa membuat landing page, rekomendasinya klik disini Jasa Pembuatan Landing Page Maknyuss

4. Foto-foto penunjang
Gambar ini bagian penting untuk ditampilkan dihalaman landing page, siapkan foto-foto penunjang untuk memperjelas dan mempertegas penawaran anda.

5. Perangkat (akses internet dan PC) ini sudah pasti ya he...
Gunakan akses internet yang cepat, agar proses berkarya membuat landing page ini nyaman dan lebih maksimal, sekarang sudah 3G dan 4G beli kuota provider yang sinyalnya bagus ditempat anda.

Membuat landing page di blogger

Ada beberapa tahapan, bagi yang sudah terbiasa pakai blogger, mungkin melewati beberapa tahapan, karena memang sudah punya akun blogger, berikut dapat saya membuat tahapannya.
1. Masuk ke www.blogger.com buat blog, setelah blog jadi masuk langkah berikutnya
2. Masukan template blogger landing page
Karena saat ini tema bawaan blogger belum ada tata letaknya untuk landing page, maka untuk templatenya membuat sendiri, jika tidak bisa ada yang jual template kalau mau gratisan bisa cari digoogle, untuk rekomendasi dari saya sudah saya sebutkan diatas.

3. Mulai edit memasukan kalimat penawaran, rangkaian kata, untuk halaman landing page, kalau menggunakan template landing, tinggal edit saja.

4. Selesai, Cek tampilannya, kurang sesuai edit lagi.

Baca juga postingan yang membahas topik ini : Cara Membuat Landing Page di blogspot Gratis Tampilan Bagus

Contoh Kerangka isi halaman Landing Page 

Menulis halaman landing page ini tidaklah mudah, kita akan membuat halaman penawaran seperti presentasi, untuk mempermudah kita buat point-point terlebih dulu, kemudian dijabarkan.

Berikut ini beberapa point-point isi halaman landing page dari perhatian saya melihat landing page-landing page yang pernah saya lihat, antara lain :

1. Pembuka berisi Perkenalan diri dan pengenalan produk
2. Sepak Terjang / pengalaman seputar/profil/ tentang produk
3. Kelebihan produk
4. Alasan membeli produk
5. Testimoni atau pernyataan pengakuan komentar orang lain tentang produk.
6. Bonus-bonus, (membeli dapat bonus)
7. Cara Order
8. Nomor HP atau kontak order cs yang dapat dihubungi
9 Penutup berisi kesimpulan dan kata-kata sakti

Nah dengan kerangka atau point diatas anda bisa jabarkan dan tuangkan dihalaman landingpage anda, atau anda bisa sederhanakan atau tambahkan lagi, untuk penyempurnaanya.

Saya ingin pakai domain berbayar untuk landing page saya, bagaimana caranya ?

Setelah tahapan diatas, halaman landing page sudah jadi, sekarang anda tinggal mempromosikan halaman tersebut, tetapi jika anda ingin mengganti alamat domain berbayar, misalnya semula alamat landing pagenya www.kaosoblong.blogspot.com mau diganti menjadi www.kaosoblong.com anda harus menyewa domain di penyedia jasa domain disini sewa domain berbayar pertahun hanya kurang lebih 150ribu per tahunnya, setelah domain anda tersedia, untuk merubahnya anda bisa minta bantuan tutorialnya kepada cs penyedia domain tersebut.

Setelah landing page selesai dibuat

Perjuangan tidak sampai disini setelah anda memiliki halaman landing page yang menarik, perjuangan dimulai, yaitu promosi, mendatangkan pengunjung ke halaman landingpage yang kita buat sebanyak-banyaknya, buat orang membaca penawaran kita, semakin tinggi pengunjung semakin besar peluang terjadi penjualan.

Untuk mengoptimalkan penjualan, simak sharing saya lainnya pada postingan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula Agar Lebih Optimal

Pengalaman penjualan tiba-tiba meningkat

Mudah menjual di internet berbanding lurus dengan persaingan yang ketat, maka menurut saya kita harus berinovasi dalam melakukan promosi, dan mengoptimasi potensi yang ada agar bisa mendatangkan penjualan.

Saya sendiri beriklan di facebook berbayar pernah dilakukan, terkadang untung terkadang rugi.

Ada cara yang gratisan dan mendatangkan penjualan tiba-tiba meningkat, yaitu dengan cara membuat halaman landing page kita berada dihalaman pertama pencarian google, caranya dengan memperbanyak artikel penunjang atau disebut konten marketing yang ditujukan mengarah kehalaman utama landing page.

Jika anda mau belajar bagaimana optimasi agar landing page berada dihalaman pertama google, referensi tempat belajar SEO dan optimasi konten disini SEO Mastery

Kesimpulan


Cara Buat Landing Page dengan Platform Blogger ini banyak kelebihan dan kemudahannya yaitu mendapatkan layanan hosting dan domain gratis, meski dari blogger, kita bisa membuat halaman landing page sangat menarik, dan tampilan halaman terlihat profesional.

Hanya beberapa tahapan anda sudah bisa membuat landing page, setelah halaman landing page selesai, jangan terlalu berharap penjualan meningkat, karena landing page tersebut wajib dipromosikan untuk memperbesar peluang, banyak yang baca lalu banyak yang membeli produk anda.

Salah satu cara promosi landing page bisa melalui media sosial seperti iklan berbayar facebook, dan iklan google.

Selain cara berbayar anda juga bisa melakukan promosi gratis seperti SEO dan share diakun pribadi media sosial anda.


Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Peluang Usaha Online yang cocok untuk Blogger. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

6 Nama Dokter Kandungan di Pemalang dan Jadwal Prakteknya

Contoh Kalimat Promosi Ekskul PMR