--> Skip to main content

follow us

Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula Agar Lebih Optimal

Cara menghasilkan penghasilan dari internet, yang saya rekomendasikan karena memang saya sudah merasakan penghasilan dari situ yaitu ada dua periklanan dan jualan online.

Dalam perkembangan menghasilkan uang dari periklanan ini memang lebih praktis, kita tinggal menyediakan medianya yaitu blog, kemudian isi konten dan bekerjasama dengan pihak ketiga periklanan, salah satu yang cukup diminati dari banyaknya pihak ketiga ini adalah google adsense.

Bagi saya sendiri menghasilkan uang dari internet melalui periklanan, mengukur kemampuan saya sepertinya tidak begitu bisa diharapkan, menghasilkan uang dari internet dari periklanan hanya pemanfaatan trafik blog dan hasilnya pun tidak seberapa.

Mencoba berusaha mengoptimalkan dengan mendatangkan trafik teknik optimasi SEO, pesimis persaingan cukup ketat, dalam perkembangannya blogger sekarang bagus-bagus dalam membuat konten, belum lagi website portal seperti tribun, sering saya dengar dikeluhkan para blogger, karena kata kunci dihalaman google, kebanyakan diduduki media portal tersebut, dampaknya trafik blogger menurun.

Memperhatikan itu, sekarang ini tidak bisa menikmati penghasilan dari google adsense, ada hal lain yang masih bisa saya nikmati yaitu saya bisa menikmati bagaimana menulis membuat konten, bagaimana menulis ini sebuah aktivitas yang menyenangkan, maka dari itu seringkali saya menulis santai saja tidak mengharapkan sesuatu, seperti menulis diary, di blog ini dalam membuat postingan sering saya kategorikan ke label artikel diary

Usaha mendapatkan uang dari internet tetap diperjuangkan

Meski saya menulis artikel diary tetap saja masih bisa dimanfaatkan menghasilkan uang dari periklanan, kemudian sponsor content placement, trafik blog yang didatangkan untung-untungan saja, sambil membangun usaha jualan online.

Karena pikir saya, saya tidak bisa memaksa orang untuk membaca artikel saya, semua berjalan natural, kalau artikel saya bermanfaat, disukai, pasti akan direkomendasikan dan dibaca banyak orang, trafik blog pun menjadi tinggi, sebaliknya kalau artikel saya jelek kurang disukai, ya jelas tidak bisa diharapkan lagi trafik blog, kalaupun ada trafik tidak banyak, maka dari itu fokus saya sekarang adalah membuat konten sebaik mungkin sebanyak mungkin dan konsisten, jadi singkatnya usaha mendapatkan uang dari internet melaui periklanan masih tetap diperjuangkan.

Belajar jualan online dari nol tanpa modal

Akses internet yang memudahkan untuk belajar, menggiring saya bermental gratisan, tutorial gratis di internet banyak ngapaian berbayar, pola pikir waktu itu.

Apa yang saya pelajari dari artikel gratisan yang diperoleh dari search google, saya praktekan, untuk jualan online ini antara lain, mencari produk yang akan dijual, kemudian cara promosinya, bagaimana membuat konten promosi, bagaimana membuat landing page, setelah materi saya dapat semua saya praktekan.

Ini rangkuman saya berjualan online dari nol tanpa modal (uang) tetap modal yaitu akses internet, smartphone dan PC, berikut dapat saya buat tahapannya

1. Mencari supplier langsung produsen

2. Mendapatkan supplier dengan sistem pembayaran tempo sebulan sekali

3. Membuat landing page untuk halaman promosi / penawaran. disini yang saya lakukan sama cari tutorial digoogle kemudian praktekan, terkadang ada orang yang sulit memahami sehingga kesulitan mempraktekannya, kalau saya sendiri Alhamdulillah bisa mempraktekan, pengalaman membuat landing page pun saya tulis disini Cara Membuat Landing Page di blogspot Gratis Tampilan Bagus

4. Penghasilan dari blog yaitu periklanan dan sponsor tadi yang tetap diperjuangkan tetap jalan dan juga memberikan penghasilan, sebagian saya sisihkan sebagian untuk biaya promosi.

Biaya Promosi ini saya gunakan untuk iklan FB ads, iklan di instagram kemudian beli template landing page premium agar tampilannya lebih profesional.

5. Usaha jualan online terus berjalan, tahun ini tahun ke tiga berjalan, yang dilakukan adalah promosi gratis, promosi berbayar di instagram dan facebook, dan sesekali mengevaluasi dan memperbaiki tampilan landing page.

Awal-awal memulai memang berat, tapi kalau sudah berjalan setahun sudah punya pelanggan, sedikit lebih ringan, sambil berjalan terus evaluasi dan perbaikan-perbaikan.

Itu pengalaman saya jualan online dari nol tanpa modal hanya akses internet.

Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula Agar Lebih Optimal

Sekedar saran bagi yang ingin jualan online dengan catatan siap atau ada modal uang, dapat saya merekomendasikan sebagai berikut :

1. Siapkan landing page tampilan yang bagus dan profesional

Landing page ini bisa dibilang toko atau lapaknya dulu, kalau sudah ada landing page, persiapan tahap pertama sudah terlewati.

Bagi saya waktu itu pemula, ini sangat diluar kemampuan dan sekarang lebih mudah, sudah ada creator yang membuat template landingpage bagus jika punya dana, beli saja dan tinggal edit pakai, jadi, berikut beberapa rekomendasinya.

- Blogspot Landing Page Builder

- Blogspot Landing Page For Business

Template Landing Page Blogspot "BLOGSPOT LANDING" 

Ketiga diatas anda tinggal memilih sesuai selera, untuk harga ada dikisaran 100 ribu -300 ribu.

Saya tidak bisa edit template baik blogger maupun wordpres, dizaman sekarang berbeda dengan tahun 2013 saat saya memulai belajar usaha online, saya tidak menemukan tawaran template landing page premium, sekarang ini asal ada uang dimanjakan, jika tidak buat landing page, tinggal keluarkan uang untuk investasi dengan menggunakan jasa pembuat landingpage yang sudah profesional.

Karena dari pengalaman saya sendiri, saya bisa membeli template landing page, tetapi membuat kata-kata penjualannya kaku, tidak luwes, pokoknya kurang bisa mempresentasikan penawaran, padahal isi halaman landing page ini penting sekali, sebagai alat untuk menjelaskan kemudian pertimbangan agar orang memutuskan membeli.

Jika anda pemula, tidak bisa edit template landing page, kemudian belum bisa membuat halaman penawaran yang bagus, solusinya pakai tenaga ahlinya yaitu jasa pembuat landing page, rekomendasinya disini

Setelah landing page jualan tidak masalah lagi, sudah oke, anda sudah memiliki halaman landingpage sendiri, menurut saya hal yang membanggakan memiliki halaman landing page, saya seringnya menggunakan untuk membranding, termasuk blog ini domain nulislagi.com saya jadikan di profil Whatsapp saya, kemudian lapakdigital.web.id juga salah satu yang saya branding.

2. Optimalkan Promosi Online

Setelah memiliki halaman website landing page, selanjutnya adalah mempromosikan, dari pengalaman cara gratis bisa dilakukan, meski gratis juga menghasilkan, namun membutuhkan kerja keras memakan waktu dan pikiran kemudian belum lagi menyikapi persaingan yang makin kesini terus berkembang.

Beberapa yang saya lakukan adalah :
1. Promosi di akun Facebook, Twitter pribadi, kemudian melalui status Whatsapp
2. Promosi berbayar saya menggunakan instagram dan facebook, dengan tempo iklan berjalan selama sebulan.
3. membuat konten marketing posting di blog untuk penunjang support kehalaman website landing page
4. Merambah promosi membuka lapak di shopee dan promosi lainnya

Dari keempat diatas hanya 1 sampai 3 yang saya lakukan berulang konsiten untuk mengoptimalkan jualan online.

3. Percanggih Jualan Online dengan tool Software marketing

Ini hanya tambahan saja, usaha online sudah jalan, profitnya lebih ada sisa buat ditabung, bila mumungkinkan jika budget sudah ada untuk anggaran ini gunakan toll untuk membantu jalanya marketing.

Yang terbaru ini misalnya ada tool whatsapp, kita ketahui bersama sekarang ini penjualan online diarahkan ke nomor hp whatsapp, karena ada kelebihannya, ulasan ini sudah saya ulas bisa dibaca pada postingan Kelebihan Jualan Online Closing Menggunakan Whastapp

Mengikuti perkembangan dulu ramai orang jualan pakai bbm, sekarang sedang ramai pakai whatsapp, kita harus bisa menyesuaikan terkait dengan ini baca juga pada postingan Software Pendukung Pemasaran Via Whatsapp

Berikut daftar tool software Marketing

1. WASenderPro Versi NINJA
Software Whatsap Marketing manfaatnya bisa menggunakan FITUR AUTORESPON
yang ada di WASenderPRO ini untuk Mengelola Penjualan, Mengelola Pemasaran Otomatis 24 Jam Non STOP! Menggunakan Whatsapp AUTORESPONDER, selengkapnya  review klik disini

2. Tools Ngontak Bio Instagram
Aplikasi Webbase Yang Bisa Memaksimalkan Link BIO Instagram Anda Untuk Membuat Banyak Tautan Link Lainnya. review selengkapnya disini 

Kesimpulan


Cara Memulai Jualan Online bisa dilakukan dengan gratis, namun demikian disarankan jika tersedia dana akan menunjang usaha jualan online lebih optimal

Contohnya, kesulitan ingin membuat halaman landingpage dengan tampilan yang bagus dan profesional, karena pemula bisa mundur mengurungkan niatnya belajar jualan online, namun jika tersedia dana akan lebih mudah yaitu dengan menggunakan jasa pembuat landing page.

Cara gratis pun bisa dilakukan, banyak tutorial di google dapat ditemukan, catatan saya harus memiliki kemampuan memahami yang baik dan pantang menyerah, siap berkorban waktu dan akses internet dan tentunya akan mengalami merasakan trial dan eror seperti yang saya rasakan.

Jangan dipaksakan jika tidak ada modal uang, lakukan cara gratis, bersabar terus tekun belajar,  praktek dan evaluasi, setelah menghasilkan uang, sisakan dana tersebut sebagian untuk mengembangkannya, seperti yang diulas diatas, template premium, toll promosi dan lain sebagainya untuk kemajuan usaha online anda.

Baca juga terkait topik ini : Menghasilkan Uang dari Internet Mudah Teorinya tapi Prakteknya tidak mampu


BACA JUGA : Peluang 2020 Menghasilkan Uang dari Internet modal 20ribu cek landing pagenya 



Salam Semangat


Agus Supriyono

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Blog Archive