Rezeki Jadi Blogger

Seringkali sebagai blogger berperasaan sendiri, " itu orang kenapa ya, susah-susah buat tulisan, seperti banyak waktu senggang, sehingga aktif buat tulisan, diposting diblog, "buat tulisan susah musingin apa hasilnya"

"Lalu blogger itu apa?",  saya menerjemahkan orang yang punya blog, misalnya saya punya blog dengan alamat di www.nulislagi.com kemudian konsisten membuat tulisan dipublikasikan diblognya

"Apa harus punya blog ?" iya tidak harus, penulis jika malas tidak tahu tentang blog, penulis bisa menjadi kontributor di blog orang lain. didunia maya ada juga yang menjadi penulis blog orang lain, menyalurkan hobi menulis, tetapi bagi pemilik blog kalau memang rezeki blognya mendatangkan uang dari sponsor, akan berbagi rezeki dengan para penulisnya.

Ada yang berpendapat menulis di blog memang sudah hobinya menulis tidak ada masalah, dan ternyata setelah saya telusuri dan mencoba ngeblog sendiri, ternyata jadi blogger ini tidak hanya menyalurkan hobi menulis, dari aktivitas ngeblog ini ada rezeki yang didapat.

Berikut ini rezeki jadi blogger dari apa yang saya rasakan, dan rezeki disini bukan seberapa besar uang yang didapat, tapi hal yang lain, diantaranya :

1. Pengembangan diri
Kegiatan mendasar untuk pengembangan diri adalah membaca, dan ternyata tidak hanya membaca tapi menulis itu melengkapinya, jadi apa yang terserap diotak dari membaca, ketika bisa dituangkan dalam tulisan dengan gaya bahasa sendiri, itu seperti melatih daya otak, jika konsisten jadi blogger terus terlatih dari kegiatan blogger ini memiliki pengetahuan dan wawasan luas.

Jadi blogger ini tidak sekedar menulis, tapi seimbang yaitu dengan membaca, dengan membaca membuat inspirasi ketika menulis seperti kosakata dalam bergaya bahasa menambah variasi dalam membuat tulisan.

2. Wawasan luas
Jadi blogger tak hanya menulis, karena menulis butuh bahan butuh inspirasi, blogger akan suka membaca hal-hal yang baru baik melalui membaca ataupun apa yang dilihat, tak berasa dari aktivitas ini jadi banyak hal yang diketahui.

Dengan berwawasan luas, tentunya dalam bersosial dengan lingkungan, ketika sedang membahas sesuatu kita nyambung diajak ngobrol, kemudian ketika terdapat persoalan, seringkali dengan mudah menyelesaikannya, karena pernah membaca pengalaman orang yang ditulis diblog temannya yati cara menyelesaikan persoalan tersebut.

3. Dapat pemasukan dari blogger
Ilsutrasinya kamu buat blog kemudian diisi dengan tulisan sesuai hati jadi tulisannya original memang tulisan anda, sehingga blog punya karakter dan ciri khas, lambat laun blog ada saja penggemar pembacanya.

Didunia maya para pebisnis online ini, blog menjadi tempat beriklan, kemudian ada juga model seperti dimedia cetak yaitu bentuk advertorial, jadi advertiser nitip tulisan di blog kita, pemilik akan mendapatkan fee dari advertiser.

Besarnya fee juga tergantung kualitas blog, jika nama blog sudah terkenal bisa mencapai 500 ribu - 1 juta per artikelnya, kalau blog saya sendiri kebanyakan fee dari advertiser 100 ribu per postingan.

"Dapat iklannya dari mana gus, kan susah cari pengiklan?"

Asal punya ladang, akan datang dengan sendirinya, ada juga pihak agen yang menawarkan kerjasama, jadi agen yang mengurus dengan advertiser, blogger bertugas hanya menampilkan menyediakan space iklan di blognya, dan penghasilan blogger ada sistem yang sudah mengaturnya, dengan begitu blogger hanya perlu fokus mengupdate membuat tulisan posting di blognya.

Dari sini meski penulis blog sepertinya tulisannya tidak mengandung hal komersial, secara tidak langsung tulisannya tersebut membuat blognya tetap hidup, dan blog yang sering update postingan ini dipandang bagus dimata advertiser.

"Jangan berpikir hasil instan dari blog ya"

Seringkali orang maunya yang praktis dan terlalu fokus pada hasilnya, bukan pada prosesnya, proses sampai blog bisa memberikan penghasilan adalah lebih dari satu tahun, semakin lama usia blog semakin bagus dinilai advertiser, dan ini tidak ada ilmu pastinya ada yang 1 tahun belum menghasilkan, bahkan 5 tahun ada yang belum menghasilkan, tetapi ada yang 3 bulan sudah memberikan penghasilan.

Saya sendiri awalnya orang yang benci membuat tulisan, menulis waktu itu memusingkan, tidak percaya diri, berpikir tulisannya jelek nanti di bully orang, memalukan diri sendiri, tapi karena termotivasi, terus berlatih membuat tulisan, bagus tidak bagus konsisten membuat tulisan sampai sekarang, hingga menulis itu seperti terapi yang menyenangkan.

Jadi setelah berjalan, menulis tidak hanya karena uang, tapi menulis ada rezeki lain hal yang bermanfaat bagi diri saya, jadi meski suatu waktu sepi turun pemasukan dari blog, saya tetap menulis dan posting di blog.

Selain dari iklan yang diulas diatas itu ada juga sponsor post, bentuknya tidak ada iklan, tetapi postingan atau artikel yang isinya terdapat backlink, review referensi bisnisnya advertiser, dengan nitip konten / artikel di blog orang lain, harapannya usahanya semakin populer dan kalau sudah populer akan meningkatkan omzet bisnisnya.

Baca juga : Penghasilan Blogger Ada 3 Macam Berikut Hasil Pengalaman

4. Banyak teman didunia maya
Jika anda blogger yang sering berkunjung ke blog orang lain, ini lambat laun menambah teman, jadi salah satu aktivitas blogger yang cukup populer adalah dengan blogwalking, blogwalking adalah berkunjung ke blog-blog kemudian meninggal komentar disalah satu postingannya, setelah itu pemilik blog yang dikunjungi dan mendapatkan komentar postingannya, pemilik blog akan berkunjung balik, jadi disini singkatnya blogwalking adalah saling berkunjung ke blog-blog dengan meninggalkan jejak komentar di postingan blog.

Jika konsisten dilakukan blogwalking akan menambah pertemanan didunia maya, bahkan tidak hanya itu, teman-teman itulah yang nantinya akan menunjukkan adversiter yang mencari blogger-blogger untuk diajak kerjasama, disinilah awal blogger mendapatkan jalan rezeki mendapatkan uang dari blognya.

Pengalaman saya sendiri seperti itu, jadi dari teman blogger saya ditunjukkan ke agen yang sering memberi job blogger, saya pun mengikutinya dan mendaftarnya diagen job blogger tersebut, setelah itu cukup lumayan tiap bulannya mendapatkan pemasukan dari agen tersebut.

Dari teman-teman blogger saya juga mendapatkan informasi peluang-peluang menghasilkan dari blog, saya pun tidak menyia-nyiakan peluang itu, peluang itu saya coba dan kebanyakan memang terbukti menghasilkan.

"gus saya mau coba, jadi blogger bagaimana caranya ? " saya sendiri dulu tidak ada mentor, saya belajar sendiri, cari panduannya di mesin pencari google, dan kebanyakan memang tutorialnya bertebaran di mesin penelusuran google.

Anda coba saja belajar sendiri, jangan tergantung pada mentor tapi anda berjuang dengan mencari tutorial sendiri di google, kemudian praktekan dengan cara seperti ini anda akan kuat dan tidak mudah menyerah, seperti apa yang saya lakukan.

Kalau secara mendasar, jika anda ingin menjadi blogger, saya bisa menyarankan :

1. Buat blog lalu Menulislah apa yang kamu tulis, menulis dari hati, menulis sesuai gaya bahasamu, sehingga itu memang karyamu original.

2. Jangan berharap uang, penghasilan dari menulis, tapi belajar dulu, konsisten menulis selama setahun, sambil belajar membaca hal-hal potensi peluang menghasilkan uang dari blog.

3. Tulislah atau buatlah konten blog yang semaksimal mungkin sebagus, sebaik mungkin, perhatikan kualitas, kualitas disini tulisannya misalnya minimal 500 kata, tulisan mudah dipahami, terkadang ada yang asal posting membuat tulisan hanya sekilas saja hanya 100 kata.

Aktivitas blogger ini bisa dilakukan fleksibel dimana tempat bisa dilakukan apalagi sekarang ada handphone, sebagai blogger bisa berkarya membuat tulisan dan posting di blog melalui handphone android, seperti yang saya lakukan, aktivitas blogger sambil menjalankan usaha kecil-kecilan dirumah.

Kesimpulan

Rezeki dari blogger secara singkat dapat saya simpulkan, jadi blogger dirasakan memberikan manfaat untuk mengembangkan diri, karena terus berlatih menulis dan membaca, rezeki berikutnya berwawasan luas, dan jika beruntung mendapatkan rezeki penghasilan dari blog.


Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Cara Membersihkan Kotoran Kerak keramik yang Membandel. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Jualan Online Malu Promosinya !! Ini Cara Mendapatkan Penghasilan dari Jualan Tanpa Promosi