Skip to main content

follow us

Mengelola Dari banyak blog menjadi Satu Blog

Mengelola banyak blog memang bisa memberikan banyak keuntungan misalnya saja jika ada job content placement bila blog 4 dapat semua, feenya lumayan, tapi bisa terjadi istilah jawa sawang sinawang, hanya dari luar saja orang melihatnya, karena untuk mengelolanya tidak semua blogger memiliki kemampuan itu.

Salah satunya saya sendiri he...he...

Beberapa kali saya melakukan evaluasi cara ngeblog saya, lambat laun sekarang ini yang saya cari hanya bagaimana menulis bisa menikmati dan lebih berkualitas lagi dalam membuat konten untuk di publis diblog.

Yang terjadi ketika mengelola blog lebih dari satu, dalam membuat konten ini yang menjadi kesulitan saya adalah tidak konsisten. Hari ini bisa menulis untuk 4 blog, besoknya tidak ada ide menulis esoknya lagi malas, kemudian soal bobot terkadang karena sudah lelah beraktifitas seharian, membuat konten apa adanya.

Baca juga : Istilah Poligami Menyadarkan saya untuk fokus satu blog

Dirasakan dari aktivitas blog ini jadi membebani, tidak enak juga menulis, saya pun putuskan memilih salah satu blog saya dan saya terartik pada domain nulislagi.com

Untuk menentukan pilihan domain saja saya masih berpindah-pindah merasa belum ada kecocokan, sampai akhirnya, kayanya enak disebut nulislagi.com  dua suku kata nulis dan lagi terdapat sebuah pesan yang menyemangati untuk konsisten menulis.

Mengelola satu blog lebih bisa menikmati

Apa yang saya rasakan mengelola satu blog ini lebih saya nikmati, dalam membuat konten ini tidak ada beban, dan menulis mengalir adanya, bisa menulis konten panjang, tidak terburu-buru untuk menyelesaikan artikel.

Meski tetap saja tidak empat blog atau satu blog tetap ada yang bolong, belum bisa konsisten, meski sebenarnya kalau sehari belum publis rasanya ada yang kurang, kadang sampai susah tidur, mungkin sudah seperti kewajiban, hari ini belum menulis, sehingga alam bawah sadar menggerakan untuk menulis, kalau belum menulis ada yang kurang.

Evalusi tema blog yang akan ditulis


Nah ini, saya ingin menjalani blogging tanpa beban, kalau dulu menulis konten berharap menambah trafik blog, ternyata berharap itu mengecewakan, dari evaluasi ini saya membuat konten targetnya apa yang saya suka, saya ingin menulis sesuai diri saya sendiri, tidak terbawa arus, tidak ikut-ikutan, punya pilihan sendiri dalam membuat tulisan.

Lalu apakah tidak termotivasi blog bertrafik ?
Blog bertrafik memang menarik, blog seperti mesin uang, tetapi buat apa dapat uang tetapi saya tidak menikmati menjadi beban, terkadang usaha tidak mencapai target, kecewa jadinya, saya ingin dari blog ini menikmati dan rezeki berpasrah saja.

Kok pasrah gitu !!!
Pasrah yang membedakan disini tetap ada usaha, yaitu berusaha agar tiap hari rajin membuat konten, hanya saja konten yang dibuat menyesuaikan sesuai dengan apa yang ingin ditulis hari itu, tidak sedang mengejar kata kunci, mendapatkan halaman pertama di google.


Apakah tidak tertarik lagi menghasilkan uang dari blog !!!

Bukannya tidak tertarik, tetap menarik perhatian saya, memotivasi saya, hanya saja caranya saya evaluasi, agar bisa dinikmati yaitu yang saya lakukan dengan membuat konten marketing, dengan gaya bahasa sendiri, yang mengarah pada salah satu produk yang saya jual secara online.

Salah satu contohnya, saya menulis artikel harian, kadang saya sisipkan belokkan ke produk saya untuk backlink, jadi artikel tersebut menulisnya bisa menikmati didalamnya ada tujuan optimasi produk yang saya jual.

Baca juga : Rezeki Jadi Blogger

Dari upaya ini saya santai tidak begitu berharap banyak, dan nyatanya ada saja rezeki tak terduga yang berasal tidak tahu dari konten yang mana, tahunya ada order, ada penjualan.

Itu dari penjualan produk, terkadang dari job content placement juga sering tak terduga ada email masuk berisi tawaran job, bahkan ada yang rutin memberika job content placement.

Jadi singkat kata, aktivitas di blog ini dijalani dinikmati disyukuri

Kesimpulan


1. Mengelola Dari banyak blog menjadi Satu Blog adalah tentang sebuah rasa dan cara bagaimana aktivitas blogging ini dibuat menyenangkan, bisa menikmati sebuah proses.

2. Aktif menjadi blogger adalah tentang sebuah karya, yaitu blog ini menjadi penyaluran ekspresi tanpa terkontaminasi sebuah ambisi.

3. Menghasilkan uang dari blog memang menarik, tapi jangan sampai lupa cara menikmatinya, nikmat tak harus berupa hasil / uang tapi bisa merasakan nyaman dalam sebuah proses, sehingga kita tak lupa makna bersyukur.

4. Tetap menghasilkan uang dari blog dengan cara-cara yang dirasakan tidak membebani, bisa menjalani menikmati dan mensyukuri.

5. Tidak bisa disamakan antar blogger satu dengan blogger lainnya, bagi anda mungkin dirasa berat, tapi bagi dia enjoy saja.

6. Ada contoh blog diary tanpa ambisi juga ramai trafiknya hasil dari blognya besar, ini menjadi pembelajaran seperti pada umumnya rezeki bukan kita yang menentukan, tugas umat adalah berusaha.

7. ..............................

Saya kasih space pada nomor 7 dan seterusnya, siapa tahu ada yang mau menambahkan kesimpulan pada postingan ini, saya persilahkan di kolom komentar

---------------------------------------
Oleh : Agus Supriyono
Publis : 27 Maret 2020
---------------------------------------

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Blog Archive